loading...
loading...

Cinta Sejati Rabiah Al-Adawiyah


Ada satu kisah seorang sufi perempuan besar bernama Rabiah Al-Adawiyah, yang menarik untuk disimak :

Suatu hari Rabiah berlari di kerumunan pasar dengan membawa obor yang menyala pada tangan kirinya dan seember air pada tangan kanannya. Orang yang bingung melihat tingkahnya bertanya kepadanya, “Hai Rabiah, apa yang kamu lakukan?”

“Dengan air ini aku ingin memadamkan neraka dan dengan api ini aku ingin membakar surga, supaya setelah ini orang tidak lagi menyembah Tuhan karena takut akan neraka dan karena berharap dengan surga. Aku ingin setelah ini hamba-hamba Tuhan akan menyembah-Nya hanya karena cinta”, jawabnya.

Selain itu, ada sebait do’a Rabiah yang mengandung kebajikan:

”Tuhanku, kalau aku mengabdi kepada-Mu karena takut akan api neraka, masukkanlah aku ke dalam neraka itu dan besarkan tubuhku di dalamnya, sehingga tak ada tempat lagi di neraka bagi hamba-hamba-Mu yang lain. Namun, kalau aku menyembah-Mu karena menginginkan surga-Mu, berikan surga itu kepada hamba-hamba-Mu yang lain. Bagiku, Engkau sudah cukup.”

Ungkapan cinta Rabiah kepada Tuhan yang begitu besar dan tak berharap imbalan, ikhlas, serta sikapnya yang mau berkorban untuk manusia lain inilah yang disebut sebagai cinta sejati..
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

loading...